Tips Merawat Tanaman Hias Bonsai

Tips Merawat Tanaman Hias Bonsai

Tanaman hias bonsai bisa jadi merupakan hobi yang sedang Anda tekuni. Nyatanya, tanaman ini selain cantik juga memiliki nilai jual yang tinggi. Jadi jika Anda memang penyuka jenis tanaman ini, tidak ada salahnya Anda mulai mempelajari seluk beluk mengenai tanaman ini termasuk bagaimana cara menanam dan merawatnya. Siapa tahu, hobi Anda tersebut dapat Anda kembangkan menjadi sebuah usaha yang memberikan tidak hanya penghasilan tambahan, tetapi juga kepuasan tersendiri karena apa yang Anda lakukan tersebut memang merupakan sesuatu yang Anda gemari.

Sekilas Mengenai Tanaman Hias Bonsai
Menurut sejarah, bonsai berasal dari jaman Dinasti Tang di Cina dimana kegiatan ini merupakan seni membuat miniatur dari pohon sebenarnya. Kalau orang lebih mengenal bonsai berasal dari Jepang, mereka tidak salah juga karena seni bonsai ini mulai dikenal di negeri sakura tersebut mulai akhir Jaman Heian. Tetapi bonsai hanya dikenal dan dinikmati oleh kalangan para bangsawan saja, terutama para samurai dan pejabat istana. Puncak kepopulerannya adalah pada Jaman Meiji dimana para samurai memiliki pekerjaan sampingan yaitu menanam bonsai.

Tanaman hias bonsai meerupakan sebuah seni yang berbeda dengan menanam jenis pohon lainnya. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, dibutuhkan banyak usaha, pemikiran serta ketekunan mulai dari pemilihan bibit, penanaman, perawatan yang di dalamnya mencakup berbagai hal seperti membengkokkan dahan, memotong daun dan lain-lain hingga mempertahankan agar tanaman hias bonsai yang sudah jadi tetap indah dan segar.

Tips Merawat Tanaman Hias Bonsai
Berikut beberapa tips mengenai cara merawat bonsai yang akan diuraikan secara ringkas untuk membantu Anda memiliki sedikit gambaran mengenai seni miniature tanaman ini,
– Penggantian Pot
Karena bonsai ditanam didalam pot dan tanaman ini tetap bertumbuh walaupun pertumbuhannya tidak seperti tanaman pada umumnya, ia memerlukan tempat hidup baru setiap setahun sekali. Jadi, Anda harus mengganti pot tanaman hias bonsai Anda 1 kali dalam setahun, tentu saja Anda harus menyediakan pot yang lebih besar karena untuk penggantian tempat ini memiliki tujuan untuk merangsang pertumbuhan akar tanaman yang baru.

– Penyiraman
Bonsai perlu untuk disiram secara rutin, hanya saja hindari menyiram tanaman bonsai Anda secara berlebihan karena akan menimbulkan tumbuhnya jamur dan pembusukan akar tanaman.

– Perlu Sinar Matahari
Seperti halnya tanaman pada umumnya, tanaman hias bonsai memerlukan sinar matahari untuk tumbuh. Tetapi Anda harus berhati-hati agar tanaman Anda tidak terlalu banyak terkena paparan sinar matahari karena akan merusak pohon Anda. Keseimbangan antara paparan sinar matahari, penyiraman serta pemangkasan merupakan hal mutlak untuk mendapatkan bonsai yang terbaik.
– Kenali jenis tanaman hias bonsai Anda
Ada banyak jenis tanaman yang dapat dijadikan bonsai, misalnya beringin, pohon asam Jawa, cemara Oleh karena itu, Anda harus mengenal jenis tanaman bonsai apa yang Anda miliki karena cara perawatannya pun berbeda. Perhatikan kebutuhan akan sinar matahari, pemangkasan yang perlu dilakukan, pemupukan, maupun penyiramannya agar tanaman Anda tumbuh dengan semputna.

– Hindari Penggunaan Gunting pada Saat Pemangkasan
Merawat bonsai, termasuk di dalamnya memangkas daun hingga membelokkan dahan. Pada waktu Anda melakukan hal ini, sebaiknya menggunakan alat khusus yang memang sudah dirancang untuk tujuan tertentu dalam hal perawatan tanaman hias bonsai seperti memotong dahan atau daun, membengkokan dahan tanaman dan lain-lain. Jangan menggunakan gunting untuk mendapatkan hasil terbaik dari tanaman Anda tersebut.

Perlu diingat bahwa karena bonsai merupakan sebuah seni, dibutuhkan kesabaran, ketekunan, keahlian serta banyak waktu dan tenaga untuk menghasilkan hasil terbaik. Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam menjalankan baik hobi maupun usaha tanaman hias bonsai Anda.




This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.