Tips Beli dan Jual Bonsai

Tips Beli dan Jual Bonsai

Jual bonsai dan beli bonsai tentunya memerlukan tips dan triks tersendiri agar baik Anda sebagai penjual maupun sebagai pembeli dapat memperoleh hasil terbaik dari transaksi yang Anda lakukan.

Jika Anda ingin membeli bonsai sebagai koleksi Anda, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan agar produk yang Anda peroleh nantinya memliki kualitas yang baik dan benar-benar dapat memuaskan hati Anda.

Jika Anda jual bonsai, Anda harus belajar dan mengerti banyak hal mengenai produk yang Anda jual tersebut termasuk cara tanam dan cara merawatnya.
Tips Beli Bonsai
Berikut beberapa tips yang mungkin dapat beranfaat bagi Anda ketika mengunjungi tempat jual bonsai:
– Pilih penjual yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik
– Goyang-goyangkan pot dari pohon yang ingin Anda beli. Jika pohonnya goyang, pilih pohon yang lain dan lakukan hal yang sama. Jika terjadi hal semacam itu artinya pohon tersebut memiliki masalah dengan akarnya.
– Pastikan bahwa potnya memiliki lubang di bagian bawah untuk tempat keluar air. Perhatikan jika terlihat akar pohon muncul dari lubang air tersebut, berarti pohon Anda harus dipindahkan ke pot lain yang lebih besar.
– Jika pohon yang Anda beli dipasangi semacam kawat karena tujuan tertentu seperti membantu membengkokkan dahan dan lain sebagainya, pastikan bahwa kawat tersebut tidak menimbulkan sayatan pada batang maupun dahan pohon yang Anda beli. Jika ternyata kawat tersebut sampai menyayat batang atau cabang pohon tersebut, Anda harus tahu bahwa untuk kembali ke keadaan semula, perlu waktu bertahun-tahun, adakalanya sayatan tersebut tidak akan pulih atau hilang.
– Ajukan sebanyak mungkin pertanyaan mengenai pohon yang ingin Anda beli kepada penjual di tempat jual bonsai yang Anda pilih seperti kapan pohon tersebut dipindahkan ke pot, kebutuhan pohon tersebut akan air dan sinar matahari, berapa umur pohon tersebut dan lain sebagainya.
– Pastikan bahwa pohon yang Anda beli memiliki label nama pada pot tempat ia tumbuh. Umumnya tempat jual bonsai akan menuliskan nama latin masing-masing di pot itu untuk membantu pembeli mengetahui jenis pohon apa yang mereka beli sehingga mereka tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar.

Tips Jual Bonsai
Beberapa tips berikut akan bermanfaat bagi Anda yang ingin jual bonsai untuk menambah penghasilan bulanan Anda:
– Tentukan apakah Anda ingin menanam sendiri pohon bonsai yang ingin Anda jual atau membeli yang sudah jadi dan menjualnya kembali.
Tips untuk Anda yang baru mulai jual bonsai, sebaiknya Anda membeli pohon yang sudah jadi, tinggal menjual saja. Seiring berjalannya waktu dan dengan makin berkembangnya tempat jual bonsai Anda, maka Anda dapat mulai memikirkan dan mempersiapkan segala yang dibutuhkan untuk menanam sendiri pohon bonsai Anda. Tahap ini akan membutuhkan banyak waktu, perhatian, keahlian, ketekunan serta biaya yang cukup besar untuk dapat menghasilkan prosuk yang berkualitas baik.

– Tentukan jenis pohon yang ingin Anda jual dan stok.
Perhatikan beberapa pertimbangan mengenai pohon bonsai yang ingin Anda tawarkan kepada pelanggan sebagai berikut:
o Usia dan ukuran pohon bonsai yang ingin Anda jual
o Jenis bonsai untuk diletakkan di dalam ruangan atau di luar ruangan atau keduanya yang ingin Anda jual dan stok
o Jenis mana yang paling mudah perawatannya
o Jenis bonsai apa yang merupakan ‘best-seller’ atau paling laku di pasaran
Dengan pertimbangan di atas Anda dapat menentukan produk jualan Anda di tempat jual bonsai yang Anda pilih.

– Tentukan Lokasi Tempat Jual Bonsai Anda
Anda bisa saja membuka toko kecil di rumah sebagai mini gallery Anda jika memang rumah Anda berada di tempat yang strategis. Bisa juga memajang pohon bonsai Anda di pinggir jalan atau menyewa stan di tempat-tempat strategis. Untuk memaksimalkan penjualan Anda, membuat web sebagai toko online tempat jual bonsai Anda juga dapat Anda lakukan.

Nah, semoga tips di atas dapat member manfaat baik bagi Anda yang ingin membeli maupun jual bonsai.




This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.